Tuesday, July 9, 2019

REPRODUKSI ASEKSUAL PADA TUMBUHAN

Posted by perkecambahan dan reproduksi On 5:00 AM | No comments
Reproduksi aseksual disebut juga reproduksi tumbuhan secara vegetatif karena tumbuhan dapat menghasilkan individu baru tanpa harus melewati proses fertilisasi atau proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur sehingga akhirnya akan membentuk zigot. Tumbuhan mampu melakukan reproduksi aseksual karena tumbuhan mempunyai sel meristem yang mempunyai kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel penyusun jaringan. Untuk sifat atau karakter yang dihasilkan dari reproduksi aseksual akan sama dengan sifat induknya.
Sumber: https://agroteknologi.id
Reproduksi vegetatif alami terjadi tanpa adanya campur tangan manusia dan tumbuhanlah melakukannya sendiri. Berikut ini adalah contoh reproduksi aseksual alami pada tumbuhan.
Rhizoma atau Rimpang
Rhizoma adalah batang yang tumbuhnya mendatar/lateral pada bagian bawah tanah. Dari batang yang lateral ini akan muncul akar dan juga batang baru yang kemudian menjadi individu baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rimpang atau rhizoma yaitu jahe atau Zingiber officinale, lengkuas dan kunyit.
Geragih atau stolon
Geragih atau stolon adalah batang yang mendatar pada bagian atas tanah dari batang utama. Dari batang tersebut nantinya akan muncul akar dan tunas yang baru dan akhirnya akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih atau stolon yaitu adalah stroberi dan rumput teki.

Kormus
Kormus adalah batang yang tumbuh pada bagian dalam tanah. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan kormus yaitu gladiol dan bunga tulip.

Umbi Batang
Tuber atau umbi batang merupakan bentuk modifikasi dari batang yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Dari umbi batang akan tumbuh seperti mata / tunas baru yang akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan tuber atau umbi batang yaitu kentang atau Solanum tuberosum dan bengkoang.

Umbi Lapis
Umbi lapis adalah pelepah daun yang bentuknya berlapis-lapis. Pada bagian atas umbi lapis ini akan tumbuh daun, sedangkan pada bagian bawah umbi lapis terdapat cakram dan juga akar serabut. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan umbi lapis yaitu bawang merah dan bawang putih, bunga bakung serta bunga tulip. Perkembangbiakan umbi lapis berawal dengan tumbuhnya siung pada bagian tunas ketiak paling luar. Saat awal pertumbuhannya, siung akan mengambil makanan dari induknya.  Apabila siung telah berdaun dan juga berakar, maka siung mulai membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

Umbi Akar
Umbi akar yaitu akar yang berubah menjadi besar yang berisi cadangan makanan. Apabila umbi ini ditanam disertai dengan pangkal batang maka nantinya akan tumbuh tunas. Tunas inilah yang menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan umbi akar adalah dahlia, wortel, lobak, dan singkong.

Tunas
Tunas merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dari bagian tubuh induknya yaitu batang atau akar yang berada di atas permukaan tanah, kemudian akan menjadi individu baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan tunas adalah pisang, bambu, dan tebu.

Tunas Adventif
Tunas adventif yaitu tunas yang tumbuh pada bagian tepi daun dan pada bagian tepi daun ini akan tumbuh akar. Contoh tanaman yang berkembangbiak menggunakan tunas adventif ini adalah cocor bebek. Sehingga jika ingin menanam cocor bebek caranya akan sangat mudah, yaitu cukup ambil salah satu daun cocor bebek yang tua, kemudian letakkan pada tanah.

Sumber:
https://agroteknologi.id/pengertian-reproduksi-aseksual-alami-pada-tumbuhan/

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

About

About